ART Palsukan Tanda Tangan Ibu Nirina Zubir untuk Gelapkan Sertifikat Tanah Senilai Rp 17 Miliar

Polda Metro Jaya mengungkap modus mafia tanah yang menggelapkan enam sertifikat tanah bangunan senilai Rp 17 Miliar milik keluarga artis peran Nirina Zubir.

Para tersangka diduga beraksi dengan memalsukan tanda tangan ibu Nirina Zubir untuk menerbitkan akta kuasa menjual, lalu membalik nama keenam sertifikat tersebut.

“Modus operandinya mereka ini dengan memalsukan tanda tangan. Awalnya dipercaya oleh almarhum untuk mengurus pembayaran PBB, dikasih surat kuasa oleh almarhum, tetapi berkembang,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, selain untuk mengurus pembayaran, pelaku Riri Khasmita, asisten rumah tangga (ART) Nirina, juga dipercaya untuk memegang enam sertifikat tersebut.

“Tersangka suami istri ini dia mendapatkan kepercayaan untuk pengurusan surat tanah. Kemudian yang memerintahkan kebetulan telah meninggal dunia. Kemudian timbulah niat menggelapkan,” ujar Tubagus.

Menurut Tubagus, kedua pelaku kemudian menggandeng tiga tersangka lain yang berprofesi sebagai notaris untuk menerbitkan akta kuasa menjual.

“Dalam perkara ini ada yang dipalsukan apa saja, yang dipalsukan, pertama adalah akta kuasa menjual. Jadi dibuat oleh notaris. Seolah-olah tersangka ini berhak menjual objek itu,” ungkap Tubagus.

Berbekal akta tersebut, kata Tubagus, para tersangka langsung memperjualbelikan sertifikat itu tanpa sepengetahuan keluarga Nirina Zubir.

Selanjutnya, para pelaku mengurus administrasi pergantian nama sertifikat di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Jakarta Barat.

“Setelah ada hak untuk menjual karena lahirlah peristiwa jual beli, lahirlah akta jual beli. Setelah itu diurus di BPN untuk balik nama,” kata Tubagus.

Untuk diketahui, keluarga Nirina Zubir menjadi korban mafia yang diduga dilakukan asisten rumah tangganya bernama Riri Khasmita.

Riri Khasmita diduga menggelapkan enam sertifikat yang berupa dua sertifikat tanah kosong, dan empat sertifikat tanah dan bangunan yang sudah diagunkan ke bank.

“Enam surat ditukar sama mereka, sebagian diagunkan ke bank dan sebagian lagi dijual dan dugaan kami uangnya dipakai untuk bisnis ayam frozen yang sudah punya lima cabang,” ungkap Nirina Zubir.

Gara-gara kasus tersebut, Nirina Zubir menaksir kerugiannya mencapai Rp 17 miliar.

“Kurang lebih Rp 17 miliar (kerugian). Kami berharap semua balik ke keluarga kami, kepada ahli waris,” ucap Nirina Zubir.

Setelah dilakukan penyelidikan dan penyidikan, Polda Metro Jaya menetapkan lima orang dalam kasus mafia tanah tersebut.

Yusri mengatakan, tiga di antaranya saat ini telah ditahan. Sementara dua tersangka lain saat ini masih dalam proses pendalaman oleh penyidik.

“Dua yang masih dalam pendalaman, tetapi sudah ditetapkan sebagai tersangka. Kenapa saya katakan ini, karena belum selesai, ini kasus masih terus berlanjut,” ujar Yusri.

Yusri menyebut, penyidik masih terus mendalami kasus penggelapan aset keluarga Nirina Zubir. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain yang ditetapkan.

“Kemungkinan bakal ada lagi tersangka lain. Ini masih kami lakukan pendalaman dan mungkin akan berkembang lagi ya,” kata Yusri.

Tubagus menambahkan, penyidik menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam mendalami perkara kasus mafia tanah tersebut.

Hal itu dilakukan untuk menelusuri aliran uang yang ditransaksikan pelaku dari hasil penggelapan aset milik keluarga Nirina senilai Rp 17 miliar.

“Makanya dalam perkara ini (kami) terapkan TPPU. Untuk apa sih TPPU? Itu untuk menelusuri hasil kejahatan itu ditranskasikan ke mana, untuk menghilangkan (bukti) gitu,” ujar Tubagus.

Adapun tiga tersangka yang telah ditangkap adalah ART keluarga Nirina, Riri Khasmita, dan suaminya yang bernama Edrianto, serta seorang notaris bernama Farida.

Para tersangka dijerat Pasal 263, 264, 266, dan 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan dan Pemalsuan Dokumen. Kemudian Pasal 3, 4 dan 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

sumber: kompas.com

JANGAN LEWATKAN

10+ Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan dan aktivitas kita sehari-hari. Kemajuan teknologi menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan…

Satu Per Satu Terbongkar! Tega Hilangkan Nyawa Vanessa Angel dan Suami, Tabiat Buruk Tubagus Joddy Akhirnya Diungkap Juga oleh Ibu Bibi Ardiansyah: ‘Bukan Hanya Sekali!’

Kabar duka meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyahmasih menyisakan duka mendalam terutama pada keluarga. Vanessa Angeldiketahui meninggal dunia bersama suami…

Bak Diludahi di Depan Muka! Sosok Ini Singgung Rumah Tangga Ayu Ting Ting yang Hancur Lebur saat Beri Doa untuk Ria Ricis: Belajarlah dari Ayu

Ayu Ting Ting baru-baru ini menjadi sorotan saat menghadiri acara resepsi pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan. Tak seperti biasanya,…

Tetangga Sampai Curiga, Rohimah Akhirnya Jujur, Ungkap Alasan Kiwil Sering Tidur di Rumahnya Meski Sudah Cerai

Meski sudah bercerai, Kiwil rupanya masih berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan mantan istri pertamanya, Rohimah. Resmi bercerai pada 10…

Terungkap Sudah di Balik Kematian Ibu dan Anak di Subang yang Cukup Tragis, Ternyata Sosok yang Menyuruh Danu untuk Membersihkan Kamar Mandi Merupakan Seorang Banpol

Belakangan kasus pembunuhan di salah satu daerah di Jawa Barat sempat terdengar cukup heboh. Pasalnya, ditemukan seorang ibu dan anaknya…

Pengertian Website, Sejarah, Unsur, Jenis – Jenis dan Manfaat Website

Website merupakan salah satu yang paling sering diakses dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja Google, Facebook, Kompas, Tokopedia dan…

Masih Kurang Yakin Sang Putra Nikahi Jessica Iskandar, Ayah Vincent Verhaag Langsung Beri Teguran Keras untuk Bisa Pilih Janda Anak Satu “Cari Perempuan Lain”

Kabar bahagia tengah dirasakan oleh Jessica Iskandaryang baru saja menikah dengan sosok pria pilihannya. Kepindahannya ke Bali tak lain dan…

Dicopot gegara Istri Pamer Uang, Eks Kapolres Tebingtinggi Tulis Pesan Perpisahan: Terima Kasih dan Maaf

Eks Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sugiyarso pamit usai dicopot dari jabatannya. Pencopotan tersebut buntut video viral sang istri yang memamerkan…

Air Matanya Tertahan, Mayang Lucyana Fitri Ungkap Pemberian Terakhir Vanessa Angel Sebelum Meninggal Dunia, Gelagat Aneh Mendiang Dibongkar Sang Adik

Keluarga Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah masih disemuti duka mendalam pasca kecelakaan maut yang menewaskan pasangan ini. Salah satunya adalah…

Bak Petir Siang Bolong, Datang ke Nikahan Ria Ricis, Ririe Fairus Bertemu dengan Ayus Sabyan yang Datang Bersama Nissa Sabyan?

Beberapa waktu lalu, media sempat dihebohkan dengan isu perselingkuhan antara penyanyi muda Nissa Sabyan dengan keyboardistnya, Ayus Sabyan. Perselingkuhan itu…