15+ Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Belajar merupakan aktifitas interkasi aktif individu terhadap lingkungan sehingga terjadi perubahan tingkah laku seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap dan berbagai kemampuan lainnya.

Secara umum belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar.

Belajar juga didefinisikan sebagai sebuah proses perubahan di dalam keperibadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan-kemampuan yang lain.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan pembelajaran, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai definisi belajar menurut para ahli.

1). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian belajar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berusaha memperoleh kecerdasan atau pengetahuan, mengamalkan, mengubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

2). Menurut Wikipedia

Dalam pengertian Wikipedia, belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan hasil interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah mempelajari sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya.

3). Menurut Winkel

Winkel berpendapat bahwa belajar adalah semua kegiatan mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

4). Menurut James O. Whittaker

Menurut James O. Whittaker, yang dimaksud dengan belajar adalah suatu proses dimana tingkah laku dihasilkan atau dimodifikasi melalui latihan atau pengalaman.

5). Menurut Ernest R. Hilgard

Belajar adalah suatu proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudianmenimbulkan perubahan yang berbeda dengan perubahan yang disebabkan oleh orang lain.

6). Menurut Dimiyati dan Mudjoyono

Dimiyati dan Mudjoyono menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran. Menurut mereka belajar adalah terjadinya perubahan mental pada diri siswa.

7). Menurut Moh. Surya

Moh. Surya menjelaskan pengertian belajar. Menurutnya, belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang sama sekali baru, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang dapat diambil dari kedua pengertian di atas adalah bahwa pada prinsipnya belajar adalah perubahan dari diri sendiri.

8). Menurut Hamalik

Hamalik berpendapat bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman.

9). Menurut Gagne

Pengertian belajar menurut Gagne adalah suatu jenis perubahan yang ditunjukkan dalam perubahan tingkah laku, situasi yang berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan setelah melakukan tindakan yang serupa.

Perubahan dapat terjadi karena suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan seketika karena refleks atau perilaku yang hanya bersifat naluriah.

10). Menurut Makmun Khairani

Yang dimaksud dengan belajar menurut Makmun Khairani adalah usaha atau perbuatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, sistematis dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki, baik fisik, mental, maupun dana, panca indera, otak, dan bagian tubuh lainnya, serta sebagai bagian tubuh lainnya. aspek psikologis seperti kecerdasan, bakat, motivasi, minat, dan sebagainya.

11). Menurut Drs. Slamet

Drs. Slameto berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan seseorang untuk melakukan suatu perubahan, baik mengubah tingkah laku menjadi lebih baik secara keseluruhan maupun perubahan lain yang dilakukan. Perubahan tersebut merupakan hasil dari pengalaman seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

12). Menurut Lee J. Cronbach

Lee J. Cronbach juga mengungkapkan pendapatnya tentang belajar. Menurutnya, belajar adalah proses mengubah tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.

13). Menurut Anita E. Woolfolk

Pengertian belajar menurut Anita E. Woolfolk adalah suatu keadaan ketika pengalaman menyebabkan perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada individu.

14). Menurut Whiterington

Pengertian belajar menurut Whiterington adalah suatu proses perubahan kepribadian yang diwujudkan dalam perubahan penguasaan pola respons perilaku baru yang terwujud dalam perubahan keterampilan, kebiasaan, kemampuan, dan sikap.

15). Menurut Slavin

Slavin berpendapat bahwa belajar adalah proses memperoleh kemampuan yang berasal dari pengalaman.

Demikian artikel kami tentang 15 definisi belajar menurut para ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu tentang pengertian belajar. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Utang di Bank Diduga Tembus Rp 7,5 M, Iis Dahlia Ngaku Keder Lihat Saldo Tiap Akhir Bulan, Ivan Gunawan Syok: Kenapa Maksain sih?

Orang-orang tahu bila kekayaan Iis Dahlia tak bisa dipandang sebelah mata. Puluhan tahun terjun di dunia hiburan, kekayaan Iis Dahlia…

Ria Ricis Minta Pisah Ranjang hingga Tak Mau Akui Teuku Ryan Sebagai Suami, Ternyata Ini Penyebabnya

Baru saja beberapa hari menikah, Ria Ricis akui ingin pisah ranjang hingga tak mau akui Teuku Ryan sebagai suami. Setelah…

10+ Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan dan aktivitas kita sehari-hari. Kemajuan teknologi menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan…

12 Tahun Bungkam, Sosok Asisten Syahrini Akhirnya Bicara, Bulat-bulat Bocorkan Kelakuan Istri Reino Barack di Rumah ke TV!

Lemah lembut, itulah gambaran publik soal Syahrini. Sepanjang kariernya, istri Reino Barack ini tak pernah diberitakan buruk gegara perangainya. Sebaliknya,…

Vanessa Angel, Suami dan Anaknya Dikabarkan Tewas Akibat Kecelakaan

Artis Vanesha Angel dikabarkan mengalami kecelakaan lalu lintas. Dia disebutkan kecelakaan bersama sang suami, Bibi Ardiansyah juga anaknya. Dalam unggahan…

Tubagus Joddy Jadi Tersangka Kecelakaan Maut Vanessa Angel dan Suami

Tubagus Joddy (24) sudah berstatus tersangka kasus kecelakaan Vanessa Angel di Tol Jombang. Status hukum Joddy terungkap dari surat pemberitahuan…

Meski Sudah Hidup Bergelimang Harta Dinikahi Irwan Mussry yang Tajir Mlintir, Terbongkar Maia Estianty Kerja Keras Jualan Online, Kenapa?

Tak dipungkiri lagi jika kisah rumah tangga Maia Estianty memang selalu menarik untuk disimak. Setelah berpisah dengan musisi kondang Ahmad…

Pengertian Masjid, Ciri – Ciri, Adab dan Fungsi Masjid

Masjid dengan segala jenis dan bentuknya, merupakan tempat yang tidak dapat dipisahkan dari seorang muslim. Selain digunakan sebagai tempat ibadah,…

Pengertian Piutang, Jenis – Jenis dan Karakteristik Piutang

Pada umumnya suatu perusahaan lebih memilih untuk menjual secara tunai, hal ini karena dengan demikian perusahaan akan dapat menghemat sejumlah…

Viral Sosok Wanita Disebut Reinkarnasi Vanessa Angel, Ramai Diminta Temui Gala Sky

Kabar kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah masih menjadi perhatian khalayak ramai. Di tengah kabar duka kepergian Vanessa Angel, mendadak…