14 Pengertian Hotel menurut Para Ahli dan Jenis Hotel

Hotel adalah suatu bangunan, atribut, instansi, atau badan usaha akomodasi yang menyediakan fasilitas jasa penginapan, memfasilitasi makanan dan minuman, serta menyediakan fasilitas lainnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hotel adalah bangunan bertingkat yang disewakan sebagai tempat menginap bagi para pelancong.

Pengertian hotel menurut para ahli

Berikut pendapat para ahli tentang hotel, yaitu sebagai berikut:

1). Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. Km 94/HK103/MPPT 1987

Menurut SK Menteri Pariwisata tahun 1987 Km 94/HK103/MPPT, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagiannya untuk jasa penginapan, fasilitator makanan dan  minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dioperasikan secara komersial.

2). Lawson

Menurut Lawson, hotel adalah wahana tempat tinggal umum bagi turis atau pelancong dengan menyediakan fasilitas jasa kamar, fasilitator makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

3). American Hotel and Association

Menurut American Hotel Association, hotel adalah tempat yang dirancang untuk tujuan penginapan, makan dan minum serta fasilitas hotel lainnya.

4). Sulastiyono

Menurut Sulastiyono, hotel adalah sebuah usaha yang menguntungkan yang menyediakan tempat menginap, makanan, dan fasilitas umum lainnya.

5). Hotel Oroprietors et all (dalam sulistiyono)

Menurut Oroprietors et all, hotel adalah suatu instansi yang diatur oleh pemiliknya dengan menyiapkan fasilitas makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada turis atau peloncong yang yang sedang dalam perjalanan dan sanggup membayar sesuai dengan fasilitas yang diterima tanpa terdapatnya perjanjian khusus.

6). Richard Sihite

Menurut Richard Sihite, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

7). Yayul Sri Perwani

Menurut Yayul Sri Perwani, hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

8). Widanaputra (2009)

Menurut Widanaputra, hotel adalah jenis akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada untuk menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa yang lainnya dimana fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang ingin menginap.

9). Ikhsan (2008)

Ikhsan menjelaskan bahwa hotel adalah suatu lembaga yang menyediakan para tamu untuk menginap dimana setiap orang dapat menginap, makan, minum dan menikmati fasilitas yang lainnya dengan melakukan transaksi pembayaran.

10). Agus Sambodo dan Bagyono

Menurut Agus Sambodo Bagyono, hotel adalah tempat dimana wisatawan berkelas untuk memperoleh fasilitas penginapandan makan dengan cara menyewa.

11). Endar Sri

Menurut pendapat Endar Sri, hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dioperasikan untuk tujuan yang menguntungkan dengan jalan menyiapkan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum.

12). Rumekso

Menurut Rumekso, hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk penginapan para turis dan wisatawan, makanan dan  minuman serta fasilitas lain yang dibutuhkan.

13). Wikipedia

Menurut Wikipedia, hotel adalah tempat penghimpunan buat para wisatawan atau bisa menjadi bangunan fasilitator pondokan dan makanan untuk umum.

14). Prof. K. Kraft

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan layanan makanan dan pelayanan yang bersangkutan dengan perjalanan.

Jenis-jenis hotel

Pemerintah telah memutuskan kualitas dan kuantitas hotel yang menjadi kebijakan berupa standar jenis klasifikasi yang ditujukan serta berlaku bagi sebuah pada hotel. Penetapan jenis hotel berdasarkan keputusan Menteri RI Perhubungan No. 241/4/70 15 Agustus 1970.

Hotel digolongkan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

1). Residensial hotel

Residensial Hotel adalah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang menginap dalam jangka waktu yang lama tetapi tidak berniat untuk tinggal secara permanen. Jenis hotel ini terletak di pusat kota atau pinggiran kota dan berfungsi sebagai penginapan bagi orang yang belum menerima perumahan di kota tersebut.

2). Transiental hotel

Transiental hotel adalah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan waktu tempuh yang relatif singkat. Secara umum, jenis hotel terletak di pinggir jalan kota dan berfungsi sebagai terminal point. Para pengunjung yang menginap umumnya hanya sebentar saja, hanya untuk persinggahan.

3). Resort hotel

Resort hotel adalah sebuah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan perjalanan wisata dan liburan. Pada umumnya hotel jenis ini terletak di daerah yang dekat dengan tempat rekreasi/wisata. Jenis hotel ini mengandalkan potensi alam berupa pemandangan dan tempat liburan yang indah untuk menarik para wisatawan.

Demikian artikel kami tentang pengertian hotel menurut para ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai pengertian hotel. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Soal Pasangan Gay Ragil dan Fred di Podcast Deddy Corbuzier, DPR: Proses Hukum yang Melakukan Promosi LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, H. Muhammad Iqbal mengkritik podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan pasangan gay atau LGBT dalam podcastnya…

Lain Dulu Lain Sekarang, Nissa Sabyan Nelangsa Turun Pamor Tak Laku Lagi di TV, Potret Ayus Cs Manggung di Gang Sempit Disorot, Netizen: Karma Shay!

Sabyan Gambus dikabarkan sepi tawaran job manggung di TV selama Ramadhan kemarin. Hal ini banyak dikaitkan dengan kehebohan isu perselingkuhan…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

Sonny Septian Labrak Galih Ginanjar

Galih Ginanjar masih jadi sorotan. Mulai dari kasus ikan asin, Galih Ginanjar semakin disorot media. Apalagi masalah dengan mantan istrinya,…